SBMPTN - Akses Materi Gratis Update 2020 | Seveny

SBMPTN - Akses Materi Gratis Update 2020
 

Pendahuluan

Hi sobat Seveny! Kuliah di PTN favorit seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Surabaya atau... Institut Teknologi Bandung pastinya di idam - idamkan bagi para siswa SMA kelas akhir. Sebelum berhalusinasi akan sekolah di tempat tersebut ada baiknya jika kita mempersiapkannya. Jika sebelumnya kami membagikan tentang Materi STAN gratis Update 2020 kali ini kami akan membagikan kepada kalian Materi SBMPTN gratis untuk persiapan kuliahmu. Baik, sebelum akses materi ada baiknya simak informasi yang kami berikan. Check it Out!

SBMPTN - Akses Materi Gratis Update 2020

UTBK SBMPTN 2019 dan 2020 memiliki persamaan dan perbedaan yang signifikan. seperti yang kita ketahui UTBK mulai ada sejak 2019. SBMPTN tahun lalu mengalami perubahan total dari segi penyelenggaraan dan aturan. Perubahan demi perubahan dilakukan agar pelaksanaan dan tujuan semakin mantap, Namun Kali ini karena faktor keadaanyang tidak dapat kita duga sebelumnya yaitu, pandemi covid-19.Seperti apakah prediksinya?

Berikut ini adalah perkiraan Rencanamu.id mengenai pelaksanaan UTBK dan SBMPTN 2021 mendatang berdasarkan pengamatan kami.

1. Konsep pelaksanaan yang serba sistem komputer, data tes masuk PTN yang menyatu, dan diadakannya UTBK akan terus dilakukan seperti 2 tahun terakhir ini. Pelaksananya tetap di bawah LTMPT.

2. Persyaratan teknis peserta juga akan sama, yakni WNI, lulusan SMA/Sederajat/Paket C tahun 2021, 2020, dan 2019.

3. Pilihan prodi dan PTN sepertinya juga akan sama, yaitu 2 pilihan. Bisa juga memilih D4 di politeknik. Ada kemungkinan jumlah poltek yang ikut serta dalam SBMPTN bertambah.

4.Materi ujian adalah TPS dan juga TKA Saintek/Soshum. Namun, jika tahun depan pandemi belum dapat dikendalikan/ditekan, ada kemungkinan tes hanya TPS atau TPS dan TKA versi lebih singkat.

5. Proses UTBK dan SBMPTN sepertinya akan diusahakan. kembali sama seperti pada tahun 2019 yang transparan, yaitu:

a. Diawali dengan UTBK

b. Peserta menerima hasil skor UTBK.

c. Baru lah peserta mendaftar SBMPTN dan memilih prodi.

6. Timeline pelaksanaan.

a. Diadakan setelah SNMPTN.

b. Memerhatikan poin 5, yakni UTBK diadakan dan diumumkan sebelum SBMPTN, maka rangkaian kegiatan cukup panjang, bisa dimulai sejak Maret datau April 2021.

7. Kemungkinan tiap peserta hanya mengikuti 1 kali UTBK. Alasan prediksi ini adalah untuk mengurangi keramaian peserta tes dan juga karena menurut LTMPT hasil tes peserta yang ikut 2 kali UTBK tahun 2019 relatif sama.

8. Lintas jurusan diperbolehkan, namun sepertinya akan lebih ketat aturannya untuk peserta IPS/Bahasa/SMK. Aturan bisa berbeda antar prodi dan PTN.

9. Nilai UTBK bisa dipakai untuk seleksi mandiri di PTN dan PTS, sesuai kebijakan kampus. Jadi kalau kamu berniat ikutan SBMPTN 2021, berusahalah dari sekarang!

10. Tetap ada portofolio untuk prodi Seni dan Olahraga. Walaupun tema portofolio bisa berbeda antar tahun, tapi skill yang diminta relatif sama. Jadi, asah kemampuanmu!

Akses Materi Gratis - Update 2020!

Bagaimana setelah membaca prediksi tersebut? Pastinya ingin diterima di PTN favorit! Maka dari itu jangan patah semangat, Tetap berdoa dan berusaha semaksimal mungkin. 

"Usaha tidak akan membohongi hasil"

Langsung saja dilihat - lihat sekiranya materi mana yang kalian suka dan butuhkan. Pilihlah yang membuatmu nyaman dan betah belajar. 

Download Materi SBMPTN 2020 Gratis

[Download Disini]

Penutup

Baik, sekian informasi dan refrensi dari kami. Jangan lupa berterimakasih untuk para dermawan ilmu yang telah memberikan ilmunya secara gratis dengan cara mendoakannya agar ilmunya mengalir terus, dimudahkan rezekinya, diluaskan ilmunya. 

psst... Hei yang disana! Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan bagikan, komen atau berlangganan dengan seveny. Jika punya sesuatu yang ingin kami bahas anda juga bisa request di kolom komentar. Terimakasih telah mampir, jangan sungkan - sungkan kembali ya!. see you on the top


Image Source; Russy and LTMPT
Info Source; rencanamu.id


Russy Just a guy that loves sharing, work, learn and tech. A Writer, Designer, and Massive learner

0 Response to "SBMPTN - Akses Materi Gratis Update 2020 | Seveny"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel