Lakukan hal ini sebelum membuat website atau blog | Seveny



Pendahuluan

Semua orang semestinya mempunyai keinginan untuk membuat website sendiri, entah itu untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Disini kami menyediakan beberapa hal yang mungkin anda pertimbangkan sebelum membuat suatu blog atau website, semoga bermanfaat dan selamat menyimak.

Menentukan Platform Blog

Ada banyak platform blog yang bisa kita gunakan untuk mulai terjun ke dunia blogging, Seperti Blogger, Wordpress, Joomla dan banyak lagi. Untuk orang yang baru dan ingin membuat website kami sarankan untuk menggunakan Blogger. Kenapa? Karena platform ini tergolong mudah dan gratis untuk digunakan belajar, Jika sudah merasa bisa anda bias langsung terjun ke CMS Wordpress, agar skill anda semakin meningkat.

Menentukan Niche blog

Niche dalam dunia blogger sebenarnya memiliki arti yang sederhana yaitu topik. Niche sama artinya dengan topik , golongan , tema , pembahasan , sesuatu hal yang spesifik

Niche adalah suatu hal yang berhubungan dengan konten dan isi suatu blog dimana dalam konten tersebut harus berfokus pada satu topik yang jelas dan dikembangkan lebih lanjut dalam micro niche. Niche untuk blog sebaiknya 1 saja agar pembaca bisa menjadi lebih loyal terhadap blog Anda karena mereka mendapat banyak informasi bermanfaat tentang tema/niche yang anda pilih.

Meski begitu, kami juga tidak melarang Anda untuk memillih niche campuran seperti dsevener.my.id atau website – website lainnya karena masih bisa memiliki peluang untuk mendatangkan banyak visitor dan bersaing bersama mereka yang memilih untuk fokus hanya pada 1 niche saja. Semua itu juga bergantung pada kualitas konten yang Anda buat.

Menulis Artikel Yang Baik

Konten utama sebuah blog adalah karya tulis yang sudah pasti dominan dengan tulisan. Ini membuat Anda harus belajar untuk menulis artikel yang baik. Mengapa begitu? karena ketika Anda menulis dan tulisan itu dibaca oleh orang lain, maka Anda harus berusaha untuk membuat artikel yang enak dibaca dan tidak membuat pembaca menjadi bosan. Ini yang menjadi masalah bagi mayoritas blogger pemula ketika hendak membuat blog.

Yang perlu diperhatikan dalam menulis adalah

  1. Konsep
  2. Interaktif dan tidak membosankan
  3. Mudah dimengerti dan membuat nyaman pengunjung
  4. Adapun saran kami untuk menulis ialah:
  5. Usahakan tulisan minimal 500 kata

Apakah harus? ya, makin panjang artikel Anda maka lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk membaca artikel Anda akan lebih lama. Hal ini memberi nilai positif bagi blog Anda di mata Google. Tapi ingat menulis jangan hanya mementingkan 500 kata namun isinya berbelit dan tidak informatif.

Sertakan minimal 1 gambar

Fungsi gambar ini selain untuk mempercantik tampilan artikel  juga berguna untuk menambah nilai SEO artikel Anda. Di dalam teknik SEO, gambar bisa dioptimasi dengan memasukkan kata kunci di deskripsi gambar. Tapi perlu di ingat juga, gambar yang Anda sertakan disini sebaiknya dikompress terlebih dahulu ukuran filenya supaya artikel Anda tidak lemot ketika dibuka oleh pengunjung karena ukuran file yang besar.

Gunakan kaidah tulis yang benar

Guna dipahami oleh semua orang, serta mempermudah pengunjung asing dalam menerjemahkan Bahasa dari blog kita, anda juga bisa menambahkan subjudul agar mempermudah pembaca.

Tulis artikel yang bermanfaat bagi banyak orang

Tulislah sekiranya artikel yang bermanfaat bagi semua orang dikalangan apapun sehingga anda mendapatkan umpan balik yang positf. Seperti; Tutorial, Edukasi, Bisnis atau yang sekiranya bermanfaat bagi banyak orang.

Percantik Blog Anda

Kita pastinya akan senang jika melihat sesuatu yang indah, maka dari itu, kita harus mempercantik blog agar pengunjung nyaman dan ‘Betah’ menjelajah di website kita. Namun aspek yang harus diperhatikan dalam mempercantik blog kita adalah:

Kecepatan

Hias sebagus mungkin dengan tanpa mengurangi kecepatan loading website anda

Baca: Cara mempercepat blog untuk blogger dan Wordpress terbaru

Kerapihan

Jaga blog anda rapih dan mudah dijelajah oleh orang banyak

Untuk Blogger anda bisa mencari Template Responsive dan Ready SEO serta menghiasnya dengan sedikit sentuhan kode html dan css.

Untuk CMS Wordpress mudah saja, karena pilihan Template yang banyak. Ditambah lagi plugin yang mempermudah anda dalam mengatur website.

Rajin Memposting Artikel

Rajin memposting artikel sangatlah penting guna menjaga pembaca anda agar tetap membaca di website anda, Jujur untuk orang yang baru membuat website hal ini memang lumayan susah karena bingung dalam menentukan hal apa yang akan kita posting, apakah postingan kita menarik dan pertanyaan – pertanyaan lainnya. Namun jika, anda berniat untuk belajar website tidak mengapa. Yang penting anda tetap semangat dalam belajar mengembangkan website!

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah

  1. Tentukan Platform; Yang disarankan untuk starter adalah Blogger

  2. Menentukan Niche Website; Yang disarankan adalah buat niche yang menyudut atau gunakan 1 niche saja, namun jika dirasa kurang puas dan ingin mencari lebih banyak audiens bisa menggunakan niche campuran

  3. Menulis Artikel Yang Baik; Artikel yang baik dan memenuhi kaidah seringkali disukai pembaca dan membuat pembaca ‘Betah’ berlama – lama di situs anda

  4. Percantik Blog; Blog bagus dan cantik = Audiens suka = Ramai pengunjung

  5. Rajin Posting; Rajin Posting = Banyak postingan = banyak audiens = banyak uang

Penutup

Demikian kami sampaikan beberapa tips – tips yang sekiranya bermanfaat untuk anda.

psst... Hei yang disana! Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan bagikan, komen atau berlangganan dengan seveny. Jika punya sesuatu yang ingin kami bahas anda juga bisa request di kolom komentar. Terimakasih telah mampir, jangan sungkan - sungkan kembali ya!. see you on the top

Info Source; Berbagai Media
Image by; Russy
Russy Just a guy that loves sharing, work, learn and tech. A Writer, Designer, and Massive learner

0 Response to "Lakukan hal ini sebelum membuat website atau blog | Seveny"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel